34 Startup Terbaik Gernas 1000 Startup Digital Akan Unjuk Gigi pada Demo Day Nasional
30 Mar 2021

34 Startup Terbaik Gernas 1000 Startup Digital Akan Unjuk Gigi pada Demo Day Nasional

Setelah dengan sukses diselenggarakan pada 17 kota di Indonesia pada tahun 2020 dan menjaring lebih dari 8.780 calon startup founder, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2020 akan memasuki tahap terakhir yaitu Demo Day.

Pada kegiatan Demo Day Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini, para startup diberikan kesempatan untuk dapat mempresentasikan produk mereka kepada publik. Demo Day ini akan diisi oleh 34 startup terpilih yang telah menyelesaikan seluruh tahapan Ignition, Networking, Workshop, Hacksprint, Bootcamp, hingga lolos pada tahap Incubation pada penyelenggaraan program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital tahun 2019 – 2020 kemarin.

Pendaftaran mengikuti Demo Day yang telah dibuka dari tanggal 3 Maret dan ditutup pada 14 Maret 2021 ini telah berhasil mendapatkan 166 pendaftar dari 17 kota penyelenggara Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Startup-startup yang telah melengkapi dokumen pendaftaran kemudian dikurasi lagi oleh penggerak lokal hingga terpilih 34 startup yang diharapkan dapat mempresentasikan, mengenalkan, juga menunjukan lebih banyak inovasi yang dibawa oleh aplikasi dan platform mereka kepada masyarakat luas dengan live online booth yang akan tersedia di website Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

“Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan upaya pemerintah untuk membuka seluas-luasnya peluang bagi siapapun yang memiliki ketertarikan untuk membuat solusi digital. Setelah melalui berbagai tahapan pembekalan wawasan startup dan penajaman ide dari solusi akan masalah yang ingin dipecahkan, Demo Day sendiri adalah acara yang diperuntukan kepada para founder startup dari program ini untuk mengenalkan purwarupa yang mereka bangun selama enam bulan terakhir,” tutur Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan.

Adapun 34 startup yang akan menjadi bagian dari kegiatan Demo Day ini yaitu Teskarir dan Deon (Bali), MyDoctors dan Parakarsa Design Resources (Bandung), Kintis Indonesia (Batam), Doc Paws, Wilov, Tanidev, pabryk, dan LIRA (Jakarta), myECO, Dwi Sri Farm Tech, Haiwanita, Lapakninja, Be Play, dan LOVCA (Malang), Masukkerja, Gearberg, Ubitech, dan Roomansa (Yogyakarta), MosQu, Kode Koding, dan Agries (Surabaya), Freshria dan Pesen Air (Kupang), Carryfy (Makassar), Fotowall (Manado), ukelas dan nikahyuk (Mataram), eHaidro (Medan), sobatkonseling (Pekanbaru), manusiabiasa (Semarang), Momsku (Pontianak), serta Cycloop Outbound (Jayapura).

Ke-34 startup ini kemudian akan dikurasi oleh dewan kurasi yang terdiri atas unsur Venture Capital, Pegiat Startup, dan tim Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yaitu Andreas Dymasius Sitorus selaku Senior Investment Associate Skystar Capital, Arung Sulthan selaku Investment Associate Alpha Momentum Indonesia, Leonika Sari selaku Founder & CEO Reblood, dan Anka Raharja selaku Subkoordinator Penyelenggaraan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital (Kementerian Komunikasi dan Informatika RI) serta Sebastian Alex Dharmawangsa selaku Program Director Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.


Dewan Kurasi Nasional Demo Day (30/3).
Para Dewan kurasi akan menentukan 10 startup terbaik yang akan diberikan kesempatan untuk melakukan live pitching di hadapan para dewan juri dan masyarakat luas. Kegiatan puncak Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini akan dilaksanakan selama satu hari pada Sabtu, 17 April 2021 secara online, dan sesi live pitching serta awarding tiga pemenang (Most Innovative, Most Marketable, dan Public Choice Award) juga akan disiarkan secara live pada pukul 13:00 – 18:00 pada hari tersebut.

Rangkaian kegiatan Demo Day ini nantinya dapat diakses oleh seluruh masyarakat dari mana saja yang mempunyai koneksi internet pada tautan 1000startupdigital.id/demoday.

Profil Singkat 34 startup yang akan menjadi bagian dari kegiatan Demo Day



Agries (agries.biz.id)
Problem Statement
Para nelayan sangat kesulitan dalam mencari pasar dengan cepat, terutama saat mendapat tangkapan ikan besar. Nelayan harus menghubungi pembeli satu per satu secara manual agar produk ikan cepat terjual dan tidak busuk.

Proposed Solution
Platform yang menyediakan pasar online dan TPI (Tempat pelelangan ikan online) untuk memperluas pasar agar memudahkan dalam mencari pelanggan, serta memberikan rekomendasi untuk informasi tentang produk ikan berdasarkan musim dan hasil tangkapan nelayan.

Be Play (beplay.id)
Problem Statement
Menurut Riset Kesehatan Dasar (KEMENKES 2018) “Jumlah warga Indonesia berusia lebih dari 18 tahun mengalami obesitas sebesar 21,8% dan mengalami kenaikan sebesar 7% dari 2013 – 2018”.

Proposed Solution
Membangun diet platform yang terintegrasi dari 3 inti layanan yaitu; Active, Aliment, & Analysis.

Carryfy (carryfy.id)
Problem Statement
Banyak supir antar daerah yang menunggu dan memanggil penumpang di pinggir jalan. Juga, banyak masyarakat yang menunggu lama angkutan transportasi di pinggir jalan sambil berdiri dan mengajukan kode jempol ke arah jalan untuk pergi ke luar daerah.

Proposed Solution
Kami hadir untuk memberikan solusi kepada masyarakat sebagai penyedia jasa layanan transportasi yang mudah cepat dan aman, menjemput dan mengantar dari lokasi daerah asal, ke lokasi daerah tujuan.

Cycloop
Problem Statement
Kurangnya aktivitas masyarakat untuk berekreasi dikarenakan padatnya pekerjaan, pada akhirnya para masyarakat mengalami stress, jenuh, dan sejenisnya.

Proposed Solution
Menyediakan pelayanan jasa yang bergerak di bidang outbound yaitu Cycloop Outbound yang fokus pada rekreasi yang mengambungkan unsur olahraga dan pengebangan diri dan tempatnya yang fleksibel.

DEON (deon.co.id)
Problem Statement
Adanya gap antara supply dan demand freelancer dikarenakan freelancer acapkali diragukan oleh calon customer. Hal ini terjadi karena maraknya penipuan di media sosial, ketidaktahuan cara promosi, dan tidak memiliki wadah portofolio yang profesional bagi freelancer pemula.

Proposed Solution
Platform marketplace freelancer dengan harga transaksi yang murah dan cara transaksi yang aman. Ditambah layanan edukasi rutin untuk freelancer maupun user yang akan melakukan transaksi secara rutin.

Dewisri Farm Tech (dewisrifarmtech.com)
Problem Statement
Menjaga kualitas eksternal menjadi perhatian penting bagi petani agar produknya dapat dijual sendiri.

Proposed Solution
Bekerja sama dengan petani untuk memberikan jaminan nutrisi yang sehat di setiap produk yang diproduksi oleh petani, dengan memanfaatkan teknologi IoT untuk monitoring, controlling, dan memastikan penanaman di waktu yang tepat untuk menghindari gagal panen.

Doc Paws (docpaws.id)
Problem Statement
Pemilik hewan memiliki kesulitan dalam mencari apa, bagaimana, dan dimana hal yang tepat dalam merawat hewan peliharaan mereka.

Proposed Solution
Doc Paws menawarkan solusi dengan menyediakan layanan medis, perawatan dan hewan peliharaan secara efektif, efisien dan akurat.

eHaidro (ehaidro.id)
Problem Statement
Tantangan pangan di masa depan semakin berat akibat kurangnya SDM yang terjun di bidang pertanian, saat ini hanya 11% dan ditambah laju urbanisasi terus mengalami peningkatan. Permasalahan ini dipicu karena kurangnya edukasi dan akses supply chain dalam memenuhi input urban farming dan market bagi petani.

Proposed Solution
Kehadiran teknologi urban farming sangat membantu dalam menghadapi tantangan tersebut. Karena itu, kami memberikan solusi platform dan komunitas untuk para pegiat dan petani urban farming, serta supply chain (untuk membantu akses pemasaran).

Fotowall
Problem Statement
Masih belum ada platform dokumentasi foto yang memberikan kesempatan orang membagikan hasil foto mereka dengan nilai jurnalistiknya. Teknologi digital imaging telah memungkinkan setiap orang dengan perangkatnya sendiri, baik fotografer maupun smartphone user untuk menghasilkan foto indah dengan nilai jurnalisme yang tinggi.

Proposed Solution
Pemilik event dapat mendapatkan kualitas foto yang baik dari berbagai sumber, mulai dari fotografer profesional sampai dengan amatir, dengan foto-foto yang terorganisir dalam wall dari sebuah event. Hal ini memberikan ruang bagi setiap user untuk saling bertransaksi dalam photo-marketplace.

Freshria (freshria.id)
Problem Statement
Petani di desa yang kesulitan mendapat akses informasi dan pasar dengan harga jual yang kompetitif dan konsumen yang ingin mendapatkan produk dari petani lokal dengan efektif di Indonesia Timur.

Proposed Solution
Menyediakan layanan atau media serta informasi untuk menghubungkan konsumen dan petani dengan sistem fair trade, transparan, dan traceability yang baik.

Gearberg (gearberg.com)
Problem Statement
Pembatasan kuota menjadi perhatian penting bagi pendaki sebelum melakukan pendakian di masa pandemi, belum semua gunung di Indonesia menerapkan sistem booking online. Gunung yang sudah menerapkan booking online menggunakan berbeda-beda platform dan belum berlaku untuk semua jalur pendakian. Informasi buka/tutup jalur pendakian juga tidak mudah untuk didapatkan.

Proposed Solution
Satu platform untuk booking online semua gunung, pihak pengelola gunung bisa kontrol kuota pendakian dan pendaki juga dapat kepastian kuota untuk melakukan pendakian. Pihak pengelola juga dapat kontrol buka / tutup gunung sehingga data yang didapatkan pendaki terupdate.

Haiwanita (haiwanita.com)
Problem Statement
Ibu yang juga wanita karir dihambat oleh kesibukan untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan kehamilan mereka, terlebih dengan adanya pandemi COVID-19 yang semakin membuat cemas, takut, dan was-was ketika harus berhadapan dengan fasilitas kesehatan.

Proposed Solution
Konsultasi dan pemanggilan Bidan ke rumah hanya dengan satu klik.

Kintis (kintis.id)
Problem Statement
Di sebagian pemerintah kota/daerah masih ragu dalam merumuskan program gerakan menuju Smart City.

Proposed Solution
Solusi tahapan proses digitasi, digitalisasi, dan transformasi digital untuk menuju Gerakan Smart City yang dimulai dari lingkungan masyarakat terkecil hingga pucak pemerintah daerah dengan mengkombinasikan data kependudukan dan data kelistrikan nasional.

Kode Koding (seia.kodekoding.com)
Problem Statement
Digitalisasi merupakan salah satu cara untuk bertahan dalam situasi sulit seperti saat ini. Tidak semuanya dapat beradaptasi dengan cepat dan solusi yang ada hanya menjawab satu dari banyak permasalahan, pemilik usaha dituntut harus multitasking.

Proposed Solution
Sebuah layanan untuk membantu UMKM dalam menjawab tantangan saat ini, dengan memberikan solusi kreatif terhadap permasalahan yang ada dan sebagai upaya dalam mendukung UMKM untuk dapat bersaing dan berinovasi dengan memanfaatkan teknologi melalui proses digitalisasi usaha maupun masalah seputar branding dan desain.

Lapakninja (lapakninja.com)
Problem Statement
Penjual Online Pemula kesulitan sukses di marketplace karena tidak memiliki data produk terbaik untuk dijual di marketplace Indonesia.

Proposed Solution
Mengkompilasi dan menampilkan lebih dari 5000+ database produk terbaik di marketplace, lengkap dengan data historikal penjualan, performa toko, dan data pendukung lainnya dalam satu dashboard. Filterable, sortable, dan mudah digunakan.

LIRA (lira.co.id)
Problem Statement
Pemilik kapal atau perusahaan perkapalan masih melakukan proses pengadaan secara manual dan seringkali terbebani oleh proses yang memakan waktu tersebut. Di sisi lain, para marine supplier belum mengoptimalkan penjualannya.

Proposed Solution
Sebuah marketplace dan Enterprise Procurement Solution yang fokus untuk industri maritim atau perkapalan.

LOVCA (lovca.id)
Problem Statement
Hingga saat ini 21% sampah laut didominasi oleh diapers. Banyak UMKM yang membuang limbah jelantah ke kanal / sungai sehingga dapat mencemari lingkungan. Disisi lain, selama pandemi 56% UMKM di Indonesia mengalami penurunan omzet.

Proposed Solution
Mengumpulkan minyak jelantah yang dihasilkan UMKM makanan untuk di daur ulang mitra. Serta memasarkan produk hasil kreasi UMKM yang didaur ulang dari sampah diapers dan sampah lainnya seperti pouch, masker, totebag, dan lain-lain.

Manusiabiasa (manusiabiasa.org)
Problem Statement
Stigma kesehatan mental di masyarakat masih sangat tinggi dilihat dari maraknya kasus bunuh diri dan kesehatan mental lain. Penting bagi tiap individu untuk meningkatkan kesadaran kesehatan mental sejak dini yang diimbangi dengan pengetahuan intervensi krisis mental tahap awal dan pemecahan masalah yang tepat dan sesuai dengan penyebab permasalahan tersebut.

Proposed Solution
Platform edukasi kesehatan mental dan pengembangan diri generasi muda Indonesia. Dengan adanya platform ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para generasi muda khususnya pelajar dan karyawan usia produktif untuk mendapatkan edukasi, dan upaya preventif terkait kesehatan mental dari para ahlinya.

Masukkerja
Problem Statement
Angkatan kerja yang menganggur sejumlah 9,76 Juta pada tahun 2020 di Indonesia. Di sisi lain, rata-rata penciptaan lapangan kerja 2 Juta per tahun, hanya dapat menutupi kenaikan angkatan kerja di Indonesia setiap tahunnya. Sehingga, terdapat kesenjangan pengangguran yang sulit untuk diselesaikan.

Proposed Solution
Perlu adanya persiapan yang matang untuk berkompetisi dalam memasuki dunia kerja. Oleh sebab itu, Masukkerja hadir sebagai solusi untuk para pra-kerja dalam mendapatkan informasi, peningkatan technical dan soft skills, bimbingan dan konsultasi, serta assessment pra-kerja dalam persiapan memasuki dunia kerja.

Momsku (momsku.com)
Problem Statement
Pembelian perlengkapan bayi yang hanya digunakan beberapa waktu saja setelah membayar dana yang cukup besar untuk persalinan, selain itu membawa banyak barang untuk keluar kota juga merepotkan bagi para ibu dengan anak balita.

Proposed Solution
Aplikasi penyewaan perlengkapan bayi dan ibu menyusui, dimana barangnya berasal dari ibu rumah tangga yang punya perlengkapan bayi / ibu menyusui yang masih layak pakai tapi sudah tidak digunakan lagi. Dengan adanya pengkategorian menu, fasilitas jadwal sewa, dan tidak hanya berinteraksi sebagai penyewa, tapi juga bisa menjadi pemberi sewa.

MosQu (mosqu.netlify.app)
Problem Statement
Ada lebih dari 800 ribu masjid yang tersebar di seluruh Indonesia. Sayangnya, kebanyakan masjid hanya digunakan sebagai tempat shalat, masjid sering tidak mendata sama sekali, dan pengelolaannya kurang baik.

Proposed Solution
Sistem online untuk mempublikasikan informasi, donasi online, dan manajemen donasi, serta adanya pelatihan keterampilan desain digital dan jasa desain.

myECO (myeco.id)
Problem Statement
Terjadi pemborosan listrik di masyarakat sekitar 30% atau sekitar 160 T yang 80% disebabkan oleh faktor manusia. Di rumah tangga belum ada solusi penghematan yang nyata, hanya capacitor bank dan kartu ajaib.

Proposed Solution
Smart EcoRoom adalah solusi alat penghemat listrik otomatis berbasis IoT (Internet of Things) dengan 3 mode pilihan yaitu manual, jadwal, dan otomatis. Pengguna dapat menghemat listrik hingga 55%.

MyDoctors (mydoctors.id)
Problem Statement
Pelayanan Kesehatan di Indonesia dari dokter yang berkualitas belum merata, dokter spesialis yang dibutuhkan pasien penyakit kronis tidak selalu ada di setiap daerah, serta tidak semua pasien penyakit kronis memiliki uang yang cukup untuk menemui dokter spesialis di luar kota.

Proposed Solution
Platform yang mempertemukan pasien penyakit kronis dengan dokter spesialis secara telekonsultasi menggunakan teknologi audio visual yang mensimulasikan ruang praktek virtual dokter. Hal ini akan menghemat waktu, energi, dan biaya bagi pasien penyakit kronis untuk bertemu dokter spesialis yang dibutuhkannya.

Nikahyuk (nikahyukwo.blogspot.com)
Problem Statement
Banyak dari calon pengantin belum mengetahui vendor-vendor wedding dan harus menanyakan pricelist satu per satu vendor tersebut untuk melakukan booking.

Proposed Solution
Calon pengantin akan lebih mudah menemukan vendor makeup, dekorasi, dan lainnya sesuai dengan budget dan paket yang diinginkan dalam satu genggaman aplikasi.

Pabryk (pabryk.com)
Problem Statement
Para pedagang kecil dan menengah yang tertipu saat transaksi online dikarenakan penjual tidak verified, sehingga barang tidak dikirim / tidak sesuai spesifikasi. Juga, barang impor yang cenderung murah dapat mematikan industri dalam negeri, karena hasil produksi dalam negeri tidak dapat terserap pasar.

Proposed Solution
Menghadirkan produsen lokal yang terverifikasi sehingga pedagang mendapat barang dengan harga lebih baik. Serta pedagang mendapatkan fasilitas pembuatan merek dan pelatihan bisnis.

Parakarsa (parakarsa.com)

Problem Statement
Keterbatasan UMKM untuk pengembangan usahanya terkait desain produk dan bisnis, yaitu menemukan “desainer” yang tepat dengan biaya terjangkau. Kebutuhan desain produk dan bisnis yang beragam, perlu disesuaikan dengan kemampuan UMKM. Maka dibutuhkan platform yang dapat mengkolaborasikan kebutuhan desain dan bisnis.

Proposed Solution
Penyediaan sumber daya desain dan bisnis untuk menentukan prioritas kebutuhan desain yang sesuai dengan kemampuan UMKM, lalu mengatur standar kualitas dan tingkat kerumitan pekerjaan bagi freelance “desainer” agar dapat mengikuti tingkatan kemampuan dan kebutuhan UMKM melalui satu pintu co-creation.

Pesen Air
Problem Statement
Kebutuhan akan air minum dan air bersih di Nusa Tenggara Timur semakin hari semakin meningkat. Perusahaan air minum dan depot yang hadir untuk mengatasi masalah ini masih menggunakan cara manual untuk berjualan sehingga penjualan masih memiliki beberapa kendala dan sering dikeluhkah oleh pelanggan.

Proposed Solution
Marketplace yang menghubungkan antara penjual dan pembeli air minum sehingga masyarakat akan lebih dipermudah untuk melakukan pemesanan.

Roomansa (roomansa.id)
Problem Statement
Setiap 5 pernikahan di Indonesia, berujung ke 1 kasus perceraian. Saat ini, kursus calon pengantin belum memiliki fleksibilitas waktu dan tempat bahkan kurikulum yang lengkap. Ketersediaan konseling bersama psikolog dan profesional yang terkait juga belum merata.

Proposed Solution
Dengan hadirnya kewajiban sertifikasi kelas pra-nikah di Indonesia bersama pemerintah, dibutuhkan platform edukasi dan konseling dengan akses yang mudah dan terjangkau sehingga mampu meningkatkan kualitas keluarga Indonesia.

Sobat Konseling (rumahkonseling.id)
Problem Statement
Menurut Data Kemenkes RI Tahun 2019, 26 juta masyarakat Indonesia mengalami kasus KDRT, depresi, dan kasus parenting. Hal ini dikarenakan tidak adanya kesadaran kesehatan mental, kurangnya info psikolog dan konselor terdekat, tidak adanya wadah informasi fasilitas berbasis online dan transparansi harga konselor.

Proposed Solution
Rumah konseling hadir sebagai marketplace berbasis website yang menghubungkan antara biro psikolog dan konseling dengan klien (customer) secara lebih mudah dan praktis. Masyarakat dapat terhubung secara online dan offline dengan psikolog, akses layanan ke biro kesehatan terdekat dan adanya transparansi harga konselor.

Tanidev (tanidev.id)
Problem Statement
Sebagian besar praktek bertani di Indonesia dilakukan dengan pemberian pupuk dan disinfektan dengan menebak jumlah yang seharusnya. Hal ini menyebabkan lahan tidak berkelanjutan, pertanian yang tidak efisien, penurunan hasil secara kumulatif, dan penurunan kualitas lahan yang mengancam kelestarian lahan itu sendiri.

Proposed Solution
Penggunaan perangkat yang terus mencatat mempelajari data, mengolah, dan memberikan resep untuk kondisi tanah dan iklim agar petani akan dapat mengetahui tindakan apa yang perlu mereka lakukan. Semua panduan yang mungkin dibutuhkan petani kami akan tersedia sehingga mereka dapat dengan mudah mengelola pertanian mereka.

Tes Karir (teskarir.com)
Problem Statement
87% mahasiswa Indonesia merasa salah jurusan, begitu pula 73% merasa tidak puas dengan pekerjaannya, ditambah lagi dunia yang saat ini tengah dilanda Covid-19 menambah beban remaja yang berada di masa-masa pemilihan karir.

Proposed Solution
Platform untuk tes dan konsultasi karir serta pelatihan seputar perencanaan karir berdasarkan pada teori dan riset dalam menentukan karir; dibimbing oleh Psikolog maupun profesional sehingga dapat menuntaskan permasalahan karir yang terjadi saat ini.

Ubitech (ubitech.web.id)
Problem Statement
Loker penyimpanan barang pada tempat umum sering kali penggunaanya tidak efektif. Pada fungsinya, kunci dapat hilang. Selain itu juga penyimpanan barang sering tidak efektif karena dibutuhkan penjagaan oleh petugas.

Proposed Solution
Smart locker atau loker pintar yang terdiri atas loker-loker yang dijalankan dengan sistem Internet of Things (IoT) dengan berbagai macam fitur yang dapat diakses dengan smartphone pengguna.

Ukelas (ukelas.com)
Problem Statement
Dari 3.839 siswa, sebanyak 38% merasa kurang bimbingan dari guru.

Proposed Solution
Menghadirkan platform belajar dengan bimbingan dari guru yang sudah ahli di bidangnya. Dengan fitur utama kelas private dan reguler dengan harga yang terjangkau, tanya untuk membantu siswa menjawab dan memahami soal, latihan soal mandiri untuk menguji kemampuan murid.

Wilov (wilov.id)
Problem Statement
Stigma dan tabu yang melekat pada masalah yang berkaitan dengan kesehatan seksual dan reproduksi masih umum di Indonesia

Proposed Solution
Wilov memberdayakan perempuan berusia 18-35 tahun untuk memahami dan menjaga kesehatan mereka dengan membangun platform terintegrasi satu atap yang menyediakan: pendidikan juga pengiriman kebutuhan kesehatan seksual & reproduksi ke rumah.
Blog Sebelumnya
Kintis.id, Aplikasinya RT/RW

0 komentar

Tinggalkan komentar